Thursday, March 7, 2013

Pengobatan Tradisional Paling Aneh Sedunia



Tingginya biaya perawatan medis membuat banyak orang mulai beralih ke pengobatan alternatif. Bila dibandingkan dengan pengobatan medis, penyembuhan tradisional memang terbilang cukup ringan di kantong. Namun, apa jadinya jika pengobatan tersebut ternyata dilakukan dengan cara tidak biasa atau aneh? Penasaran? Berikut adalah lima pengobatan alternatif paling aneh di dunia.

1. Makan ikan hidup




Di kota Hyderabad, kita bisa menemukan tradisi penyembuhan aneh yang mewajibkan seseorang menelan ikan hidup. Sebelum ditelan, ikan itu dicelupkan terlebih dulu ke dalam sebuah ramuan. Banyak orang percaya bahwa terapi makan ikan hidup dapat membantu mereka menyembuhkan asma dan masalah pernapasan lainnya.

2. Hijamah atau bekam



Hijamah atau lebih dikenal dengan sebutan bekam, adalah teknik pengobatan aneh yang dilakukan di Palestina dan di daerah dekat Jalur Gaza. Permukaan kulit pasien akan disayat kemudian ditutup dengan kop. Metode pengobatan tradisional ini kabarnya dapat membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh.

3. Terapi kura-kura



Di Kamboja, terapi kura-kura diyakini dapat menyembuhkan rematik dan penyakit tubuh lainnya. Warga Kamboja sendiri percaya bahwa hewan seperti kura-kura dan ular memiliki kekuatan penyembuhan supranatural. Maka dari itu, kura-kura sering digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional.

4. Mandi pasir



Mandi pasir adalah teknik pengobatan yang umumnya dilakukan di Mesir. Warga Mesir percaya bahwa perawatan ini dapat menyembuhkan nyeri sendi, disfungsi seksual, dan masih banyak lagi. Tubuh pasien akan dikubur di dalam pasir yang telah dipanaskan selama beberapa saat. Suhu panas itulah yang merasuk ke tubuh dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

5. Terapi ikan



Garra rufa obtusas adalah ikan yang dikenal jago menyembuhkan psoriasis, penyakit kulit kronis. Terapi ini sudah sangat populer di seluruh dunia. Bahkan tak jarang, teknik pengobatan ini dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih mulus dan bersinar. Oleh karena itu, banyak orang percaya bahwa dengan mencelupkan wajah mereka ke dalam kolam yang dipenuhi Garra rufa bisa sangat efektif dalam mengobati masalah kulit.

Pengobatan alternatif memiliki sisi negatif dan positif bagi kesehatan. Teknik pengobatan tersebut bisa saja menyembuhkan atau malah sebaliknya. Maka, sebaiknya jangan asal percaya jika Anda belum tahu hasilnya. Baca selengkapnya »