Friday, March 15, 2013

Inilah 5 Spot Diving Terbaik Di Dunia

Olahraga diving saat ini tengah marak di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. Tak jarang wisatawan datang ke tempat tertentu untuk menikmati kecantikan taman bawah lautnya. Jika Anda salah satunya, cobalah menyelam di 5 spot menyelam terbaik di dunia.



Menyelam memang memberikan kenikmatan tersendiri untuk para pecintanya. Melalui aktivitas ini, Anda bisa melihat keindahan taman bawah laut, lengkap dengan hewannya yang berenang dengan anggun. Jika ingin menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia, cobalah menyelam di 5 tempat ini. Berikut adalah 5 tempat diving terbaik di dunia.

1. Blue Hole, Belize



Tempat pertama yang menjadi lokasi menyelam terbaik di dunia adalah Blue Hole di Belize. Berjuta-juta tahun silam, The Great Blue Hole merupakan sebuah gua purba dengan stalaktit dan stalagmit raksasa. Ketika zaman es berakhir, permukaan laut naik hingga menutupi permukaan guanya. Sekarang, The Great Blue Hole menjadi salah satu titik penyelaman paling diminati oleh para penyelam profesional.

Jika menyelam hingga kedalaman 20 meter, Anda bisa menemukan beberapa jenis udang, anemon, ikan gobi neon, Angelfish, juga Butterflyfish. Di kedalaman 44 meter, formasi stalaktit pertama akan menyambut Anda. Menyelam di sini akan membuat Anda serasa ada di dunia lain. Dengan jarak pandang hanya 60 meter, Anda beruntung (atau justru tidak) bila melihat satu atau beberapa jenis hiu yang melintas. Ada Nurse Shark, Carribean Reef Shark, Blacktip Shark, Bull Shark, juga Hammerhead Shark yang menjadi penghuni lubang biru ini. Menyelam ke sebelah barat The Great Blue Hole, Anda akan menemukan sebuah pintu masuk menuju gua raksasa. Di sini, menyalakan senter bawah air adalah sebuah kewajiban. Dalam kegelapan total, Anda akan memasuki sebuah dunia yang tak terjamah

2. Sipadan, Malaysia



Sipadan di Malaysia ternyata menjadi salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Terumbu karang yang indah dan air laut yang jernih mengelilingi pulau ini. Di sini, Anda bisa menemukan sekitar 3.000 varietas dari makhluk hidup di dalam laut.

Tidak hanya itu, aneka terumbu karang juga bisa Anda lihat di sini. Menyelam lebih dalam, Anda bisa berwisata bawah laut lewat gua bawah laut yang ada di sana. Jika menyelam lebih dalam lagi, Anda bisa bertemu dengan penyu dan hiu sirip putih. Keduanya bisa ditemukan pada kedalaman 10-30 meter lebih. Sekarang, Sipadan termasuk dalam pulau yang dilindungi. Hanya 120 penyelam per hari yang boleh menelusuri keindahan bawah lautnya. Jadi, jika ingin menikmati keindahan taman bawah lautnya, segera daftar sebelum penuh.

3. Great Reef Barrier, Australia



Tempat diving terbaik yang tidak boleh dilewatkan para penggila dunia selam adalah Great Reef Barrier di Australia. The Great Reef Barrier adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia. Ada sekitar 3.000 terumbu karang di ini dan 900 pulau yang membentang sepanjang 2.600 km. Kumpulan karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia.

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan bawah lautnya, salah satunya adalah dengan menyelam. Tapi, hanya penyelam profesional saja yang diperbolehkan menyelam di kawasan ini. Great Barrier Reef terkenal sebagai tempat sentral untuk mengamati kehidupan air. Jika menyelam di sini, Anda bisa menemukan spesies hewan baru yakni Pygmy Seahorse. Sekitar 93% area terumbu karang ini belum terjamah karena terlalu dalam untuk para penyelam. Serunya lagi, jika beruntung Anda bisa menemukan ikan pari, hiu macan dan penyu hijau yang berenang bebas di bawah Great reef Barrier.



4. Fernando de Noronha, Brazil





Brazil memang kaya dengan keanekaragaman hayatinya, mulai dari kawasan darat dan laut. Kali ini tempat yang mencuri perhatian para penyelam dunia adalah Fernando de Noronha. Ini adalah sebuah kepulauan dari 21 pulau. Lokasinya sekitar 354 km lepas pantai dari Pantai Brasil.

Di Fernando de Noronha, Anda bisa berenang atau pun diving. Perairannya yang hangat menjadi keunggulan lokasi penyelaman ini. Dengan air hangat tersebut, para penyelam bisa menyelam hingga kedalam hingga 40 meter tanpa menggunakan wetsuit. Yang lebih asyik lagi, saat berenang atau pun diving di lokasi ini, Anda bisa ditemani oleh lumba-lumba sekitar. Menyelam lebih dalam lagi, Anda bisa melihat hiu berenang dengan gagahnya.

5. Raja Ampat, Indonesia



Ini dia spot wisata yang paling menjadi buah bibir sepanjang tahun 2011. Semua orang bicara soal Raja Ampat, di Papua, termasuk aneka kicauan di Twitter dan social media lain. Berlibur ke Raja Ampat tiba-tiba menjadi obrolan semua orang.

Keindahan Raja Ampat memang bukan main-main, Raja Ampat pun disebut-sebut sebagai karya agung Tuhan. Wayag, gugusan gunung karang yang mencuat dari lautan, diyakini lebih indah dari Halong Bay milik Vietnam. Jika apa yang ada di atas laut sudah mempesona Anda, tunggu sampai Anda menyelam ke dalam lautan biru jernih di Raja Ampat. Terumbu karang dengan aneka biota laut yang cantik, akan membuat Anda jatuh cinta. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai jenis hard coral dan ikan kecil berwarna-warni cantik. Tidak hanya itu, ada juga teripang dan yang menakjubkan adalah hiu karpet. Seru! Baca selengkapnya »