Tuesday, February 19, 2013

11 Cara Mencintai Diri Sendiri



TEMPO.CO

:- Tidak ada resep ajaib bagi sebuah kepercayaan diri, tapi ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat Anda berada pada jalur yang tepat. Apakah dalam keadaan penuh tekanan, banyak janji, bosan atau merasa resah, Savvysugar memberikan tips untuk membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri dan membangun perilaku positif. Berikut adalah 11 cara mudah untuk mencintai diri Anda sendiri :

1. Kelilingi Diri dengan Orang-orang Positif
Minat dan perilaku bisa saling menginfeksi satu sama lain, jadi jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri cobalah untuk tetap berteman dengan orang yang penuh percaya diri. Ingatlah kalau orang yang selalu berjuang dengan keresahan mereka akan membuat Anda mengalami hal yang sama.

2. Menjadi Perencana
Terorganisir adalah kunci untuk selalu merasa baik dalam kehidupan sehari-hari, jadi pastikan semua pekerjaan yang harus Anda lakukan masuk dalam daftar atas kegiatan Anda. Terburu-buru, terlambat mengerjakan dan ketinggalan tenggat hanya akan membuat Anda berada dalam kecemasan. Tapi Anda bisa menghindari semua bencana ini dengan mudahnya membuat semua daftar pekerjaan yang harus dilakukan.

3. Miliki Waktu Bersenang-senang
Untuk menjadi diri sendiri, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengerjakan hobi dan minat yang Anda sukai. Apakah itu hanya berjalan-jalan, membaca buku atau melakukan kegiatan seni, Anda perlu memprioritaskan waktu untuk kegiatan yang akan membuat Anda tenang.

4. Cukup Tidur
Jika Anda merasa lelah dan jatuh, maka minat dan kepercayaan diri sudah pasti ikut terpengaruhi. Anda butuh energi untuk bersosiali dan berproduksi, jadi usahakan untuk mengindari hal-hal yang membuat Anda lelah dengan melakakukan cukup istirahat.

5.Beri Penghargaan Pada Diri Anda
Jika Anda tidak berhenti dan mengenali pencapaian diri Anda setiap harinya, maka Anda akan kehilangan kesempatan penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Semua penilaian terhadap diri sendiri meskipun kecil akan meningkatkan dan mengingat betapa hebatnya diri Anda.

6. Beristirahat
Berhenti, bernafas dan nikmati hidup yang pendek dan tenang. Kalau tidak, Anda akan berakhir dengan kondisi mental yang membuat Anda merasa terkuras dan kosong. Istirahat adalah salah satu cara terbaik untuk santai dan mengisi energi kembali, jadi jangan lupa untuk berhenti sejenak sesering mungkin.

7. Buat Tujuan Yang Sederhana dan Realistis
Sanjungan kecil bisa membantu Anda meningkatkan percaya diri, jadi siapkan tujuan yang sederhana dan jangka pendek untuk diri sendiri. Usahakan untuk mengganti target Anda yang terlalu besar menjadi lebih kecil dan menjadi mudah dicapai.

8. Memberi Kembali
Ini paling sering dikatakan tapi memang benar, mengabdikan diri Anda akan membuat Anda menjadi lebih baik lagi. Bergabung menjadi relawan, grup komunitas atau mendonasikan pakaian kepada yang membutuhkan akan menjadi pemicu kecil meningkatnya kepercayaan diri Anda.

9. Katakan "Tidak" Jika Perlu
Menjadi orang yang selalu mengatakan "Ya" kadang menguntungkan, tapi kalau berlebihan akan memicu stress dan kecemasan. Hilangkan ketegangan dengan menolak permintaan, jika Anda merasa sudah berlebihan. Dengan kata lain, saat Anda merasa hidup lebih seimbang, maka Anda akan menjadi lebih bahagia dan orang yang enak diajak berteman.

10. Gerakkan Tubuh Anda
Tingkatkan hormon endorphin dalam tubuh dengan melakukan olahraga atau jalan cepat di pagi hari. Berolahraga memiliki keuntungan secara fisik dan emosional, membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia dan bebas.

11.Penuhi Kalender
Akan sangat sulit mencintai diri sendiri jika Anda hanya berdiam di rumah. Matikan komputer, telepon teman Anda dan tulis semua aktifitas yang bisa Anda lakukan sepanjang minggu. Jalan-jalan, mengunjungi teman, berkencan di kedai kopi, apapun itu intinya Anda perlu keluar dan mengakhiri perasaan rendah diri.

DEWI RETNO Baca selengkapnya »